Cerita Bikin SIM

Fyuh.. gue barusan nyampek rumah sehabis bikin SIM. Iya bikin SIM. Surat ijin mencintai, haha mengemudi deng. Jadi hari ini sebenernya mau ambil ijazah di sekolah, tapi udah di-deadline sama nyokap kalo hari ini hari terakhir bikin SIM.. soalnya bentar lagi gue bakalan diusir ke Surabaya. So, gue putusin buat bikin SIM dulu baru ambil ijazah. Soalnya gue mikirnya palingan juga gue nggak lulus test teori, so sehabis test teori cus ke sekolah ambil ijazah. Kenapa gue mikir gitu, hmm ya karena dulu pas liburan semester 1 gue sempet pernah bikin SIM juga. Tapi stuck di test teorinya doang, soalnya gue kagak lulus. Gue salah 11 dari bates maksimalnya salah 9. Anjrit. Kalo di sekolah itu namanya nggak memenuhi KKM. Jadilah gue harus remed test teori minggu depannya. Tapi berhubung minggu depannya gue udah masuk sekolah lagi, nggak gue lanjutin tuh petualangan membikin SIM. Lagipula gue pas itu udah kelas 12 semester 2, nggak bisa dong bikin dispan dispen mulu cuma demi bikin SIM doang.


Ok, berjuang & petualangan membuat SIM dimulai. Gue bangun jam 7, gue hebaaat kan hehe. Lah, jangan salah, kalo liburan kek gini paling pagi gue bangun jam 10. Jadi hebat banget dong kalo gue bangun jam 7. Iya kan? Iyain aja deh! Terus gue mandi, nyuci. Abis mandi gue sarapan sama nasi pecel yang dibeli bokap. Eh ternyata pedes parah. Gue makan seperempat doang kayaknya. Lagian porsi kuli banget tuh nasi. Ok abis itu berhubung udah hampir jam 8 cus deh ke polres ditemenin sama bokap.

Sesampainya disana parkir terus fotocopy sama ambil map pendaftaran SIM C di fotocopyan depan polres, total Rp 4.000,-. Lanjut ke tempat kek semacam klinik buat test kesehatan, disono ditest penglihatan, BB, TB, sama tensi. Eh pas gue lihat tensi gue, kagak kaget sih cuma segitu. Soalnya tiap bangun dari duduk langsung berasa dunia berputar, gelap, perut mual dst lah. Test kesehatan keluar duit Rp 20.000,-. Abis tu ke fotocopyan di dalem polres beli formulir, Rp 7.000,-. Habis ngisi formulir ke ruangan buat cap 10 jari tangan. Wey disitu gue ketemu Ratna. Udah janjian sih pas Senin kemaren di sekolah hehe. Habis tu ke loket buat daftar bikin SIM, serahin formulir, tunggu deh di ruang tunggunya. Lamaaaa anjirlah. Sejaman ada lah ya gue nungguin disitu. Jam 10 gue dipanggil buat test di ruang test teori. Dan berhubung gue dipanggil terakhir jadilah gue duduk di depan sendiri, pas ngehadap LCD. Puyeng dah. Disitu ada 9 orang yang di test. Gue nggak bisa contekan sama siapa-siapa, jadilah gue kerjain sendiri pake ilmu menerawang haha. Berhubung tadi sempet belajar dikit lewat mbah gugel, lancarlah. Setengah jam berlalu, keluar ruangan. Nunggu bentar nama gue dipanggil. "Saudari Nelam Dewinta Jalan Masalembu, harap masuk ke ruangan test teori." Gue udah pengalaman lah, jadi gue tau kalo ini dipanggil buat dikoreksi jawaban gue pas test teori tadi. Dan gue udah siap mental kalopun minggu depan harus ngulang lagi. Eh ternyata, gue lulus BAHAHAHAHA. Salah 9 coy, pas lah sama kesalahan maksimalnya. Kalo di sekolah, berhubung KKM nya 76, jadi gue berasa dapet nilai pas 76 di test teori ini.

Lanjut ke tempat ujian praktek. Gue udah takut disini soalnya menurut pengalaman temen-temen yang udah bikin SIM, ujian inilah yang paling banyak menelan waktu berhari-hari, alias harus ngulang terus. Disitu bakal di test uji rem mendadak, jalur zig-zag, letter U, angka 8, dan uji menghindar. Surprisenya ternyata yang ngawasin ujian prakteknya tuh Mas Dian, tetangga gue. Dia polisi disitu, padahal biasanya jaga pos loket loh, ajiblah hari ini jaga ujian praktek. Peserta pertama, anak IPS di SMASA gue lupa namanya, nggak begitu kenal jadi nggak gue sapa. Loloslah dia, soalnya dibikin contoh juga buat peserta lain. Habis itu ada bapak-bapak seumuran bokap gue yang test, dan dia pinjem motor gue. Motor bokap deng haha. Padahal motornya doi udah dibawa ke bawah, tapi gegara tu motor V*ario kegedean, ya jadinya pinjem deh. Begonya tuh orang kagak pake helm pas praktek, jadilah doi kagak lulus dan besoknya kudu balik lagi. Padahal selama test doi bagus banget loh, kakinya nggak nyentuh tanah. Hantu kali nggak nyentuh tanah hahaha. Abis itu giliran gue mameeeen yang test, anjritlah pas mulai zig-zag udah salah jalur nih. Abis itu di letter U kaki gue napak tanah terus. Lanjut jalur angka 8 sekali ngejatohin kayak rintangannya gitu. Gue tenang aja sih, soalnya udah pasti dilulusin sama Mas Dian haha. Terus bokap bilang ke Mas Dian kalo yang anak kuliahan dilulusin aja semua termasuk temen gue Ratna, soalnya udah mau masuk kuliah. Sama polisinya diiyain aja. Padahal kalo sama polisi lain mana bisa kek gitu. Kaki napak tanah dikit langsung nggak lulus. Rintangan jatuh 2 kali nggak lulus. Hahaha how lucky I am. Dan tadi duh ada anaknya polisi habis lolos test teori langsung dianter bokapnya ke tempatnya mas Dian, dan tanpa ngelakuin praktek doi langsung dapet stempel lulus ujian praktek. Anjritlah memang tak adil, cuma gara-gara anak polisi doang.

Lanjut serahin berkas lagi ke loket dan bayar di loket BRI, nungguuuuuuuuuuu 2 jam. Disitu gue bosen banget. Jam 1 an dipanggil foto. Dan fotonya jelek anjrittttttttttt. Kesel, gue pulang, mampir warung bentar makan soto. Berhubung udah jam 1 lebih gue nggak jadi ambil ijazah, besok aja lah lagian sekolah udah sepi juga kayaknya. Dan bahagialah gue yang cuma sehari doang langsung dapet SIM. Aye aye aye. Capeknya dapet, puasnya dapet.

Post a Comment