Mengatasi Susah BAB

Warning!!
((((((Sebelum membaca postingan ini, harap dalam keadaan yang santai dan tidak lagi makan HAHA. Buat yang lagi makan, mending jangan dibaca dulu, bookmark halaman ini dan baca setelah makan. Kalo tetep nekat dibaca sambil makan, tanggung sendiri akibatnya muahahahaha.))))))

Hi! Kalian pernah nggak sih ngalamin kayak apa yang gue alamin sekarang ini, sembelit alias susah BAB, nggak rutin gitu BAB nya. Iya, semenjak gue kuliah dan numpang di rumah budhe gue di Surabaya, gue jadi susah BAB. Kadang seminggu cuma 3 kali doang BAB nya, atau bahkan cuma 2 kali doang. Bayangin gimana tersiksanya gue disini, menimbun sampah dan limbah beracun di dalam perut. OMG! Sekalinya bisa BAB eh susah keluarnya (Warning!!!!! Baca peringatan di awal postingan ini!! :p), ngejan abis-abisan.. dan di saat mengejan ini gue berasa ngedenger di sekeliling gue ada yang ngasih support ke gue. Pada teriak ‘Semangat! Semangat! Kamu pasti bisa!’ anjirlah ini padahal di sekitar gue cuma tembok HAHAHA. Dan hasilnya, t*kainya tuh kecil-kecil item gitu huhuuuuu gue sedih. Apa yang gue usahakan tidak sebanding dengan apa yang gue dapatkan :& huhu. Setelah gue pikir-pikir ada beberapa hal yang bikin gue nggak rutin BAB:
1. Kurang banyak asupan makanan
Iya semenjak disini, gue makannya dikit ;( pagi makan dikit soalnya harus buru-buru ngampus. Kan gue makannya lama tuh, nanti kalo gue makannya banyak, ntar lama dan pasti lebih dari setengah jam -___- ntar telat deh. Kenapa lama amat makannya? Soalnya gue makannya sambil pegang HP. Jadi pesan buat kawan-kawan semua, biar acara makan kalian lebih khidmat, jangan sambil main HP ya. Fokus makan dan nikmati hidangan kalian.
2. Kurang minum air
Nah ini nih, semenjak disini gue juga jadi agak jarang minum air putih. Ya soalnya kamar gue kan di atas, minuman ada di bawah. Jadi kalo minum kudu turun tangga dulu, terus naik lagi, kalo haus ke bawah lagi :’( kan capek kakak. Apalagi gue tuh orangnya pemalas banget, kalo udah ngglondot di kasur tuh nggak bisa bangunnya lagi. Istilahnya tuh mager alias males gerak. Apalagi kalo udah mainan HP dan chat sama................................. temen, jadi makin males bangkit buat minum. Padahal nih, di Surabaya hawanya panas banget, kudu sering-sering masok air putih ke dalam tubuh. Tapi ya itu, gara-gara sifat pemalas, gue jadi menghiraukan hal sepenting ini. Sedih nggak sih. :’(
3. Nggak minum Yakult
Di Blitar gue tiap hari minum Yakult, ya nggak sehari ‘saya minum tiga’ kaya yang di iklannya juga kali hahaha. Paling sehari sekali doang. Tapi walaupun cuma sekali doang tapi gue bisa rutin BAB loh, ya paling nggak sih 2 hari sekali gitu.

Nah itu penyebab-penyebab sembelit. Tapi, untungnya nih setelah gue melakukan beberapa ‘cara’, BAB gue jadi agak sering lagi guys. Mau tau cara apa aja? Cekidottttt:
1. Minum banyak air putih
Demi biar BAB lancar, gue rela bolak-balik naik-turun tangga buat minum. Ya tapi jadi capek deh kaki, nggak papa deh biar kaki dan paha jadi agak besar dikit. Yeay! Terus gue juga sering beli air putih botolan gitu di kampus, atau kalo enggak ya malak air putih punya temen HIHI.
2. Makan salak yang banyak
Asli nih dulu pas lagi susah-susahnya BAB, gue browsing deh tuh di mbah gugel. Keywordnya gini: ‘Buah untuk melancarkan BAB’. Di salah satu blog disebutin kalo buah pepaya, pisang, dan salak bisa melancarkan BAB karena mengandung banyak serat. Kalo pisang sih ada di meja makan ((tapi gue sungkan ngambilnya HAHA)), terus kalo pepaya beli di tukang buah di embong gede nggak ada kayaknya, NAH kalo salak ada. Jadilah gue waktu itu malem-malem abis dari malmingan sama sodara gue, kita beli salak 1 kg. Si sodara gue sempet nawar-nawar gitu, doi jago banget nawarnya haha sedangkan gue diem aja. Kalo gue mah pasrah, dikasih harga berapa aja gue bayar, soalnya gue nggak suka debat dan bukan orang yang ribet. Jadilah kita beli salak 1 kg seharga 12 ribu. Malemnya langsung gue makan 3 atau 4 buah salak gitu, terus besoknya langsung lancar BAB. Asliiiiii, gue bahagia banget waktu ituuuuuuu HAHAHHAA. Jadi buat mentemen yang susah BAB, langsung beli aja salak dan makan sebanyak-banyaknya. Oh ya, kalo makan salak tuh kan ada kulit tipisnya yang menyelimuti daging sama biji buahnya, nah itu JANGAN DIBUANGGGG. Justru itulah yang mengandung banyak serat dan memudahkan BAB kita. Nah kan karena alasan biar higienis, orang-orang makan salak tuh kulit tipisnya dibuang kan ya, itu cara yang salah dek. -___-
3. Makan yang banyak
Udah mutlak ini mah, kalo makanan yang masuk dikit, keluarnya juga dikit. Begitu juga sebaliknya. Terus jangan lupa kudu seimbang, antara nasi, sayur, sama lauk pauknya. Jangan makan cuma sama ayam doang, atau ikan doang. Nggak ada seratnya. Tapi kalo gue yang emang nggak suka sayur, gue banyakin makan salak. Asli, gue nggak suka sayur. Jadi kalo mau nraktir gue jangan nraktir rujak atau gado-gado ya, nggak sukak. ;( #lagiansiapayangmaunraktirelodihpedegila

Btw ini ada zkrinzut chat LINE gue sama Iffa tentang BAB HAHAHA. Absurd. ;(




Ini sekalian chat gue yang terakhir buat ngingetin kalian semua buat puasa Arafah :p


Ini asks dari ask.fm nya kaka Poci mihihi
Udah ah semoga tulisan ini bisa membantu rekan-rekan sekalian dalam menuntaskan masalah ‘belakang’ --_____------- maaf kalo postingan kali ini bikin kalian jijik ;( ok BYE.

2 comments:

  1. adek gue makan salak yg dimakan malah cuman kulit arinya dowang -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah daging buahnya lo yang makan aja -__-

      Delete