Pengalaman Meliput Acara “Peringatan Hari Rabies dan Hewan Sedunia” di UNAIR

Hi guys! ☺
Di postingan kali ini aku mau berbagi pengalaman sewaktu aku meliput acara “Peringatan Hari Rabies dan Hewan Sedunia” di Universitas Airlangga, Surabaya. Sebenernya ini acara udah lamaaaaa banget, setahun yang lalu, tapi berhubung ada lomba blogging yang diadakan oleh UNAIR, aku bakal recall ingatanku tentang acara ini. Jadi, kenapa aku meliput acara ini? Karena waktu itu aku ada tugas mata kuliah Penulisan Radio dan TV yang mengharuskan mahasiswanya untuk meliput sebuah acara, mewawancarai narasumber, dan menuliskannya ke dalam sebuah naskah berita. Ya maklumlah, ehm, anak broadcast mah tugasnya ya beginilaaah. Meliput acara, bikin program acara, syuting acara, bikin video ini itu, hahaha but i’m enjoying these things.




Hari Minggu (18/10), diselenggarakan Peringatan Hari Rabies dan Hewan Sedunia (World Rabies and Animal Day) 2015 di pinggir Danau Rektorat Kampus C UNAIR. Acara ini berlangsung dari pukul 07.00 sampai pukul 11.00. Acara  ini diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (IMAKAHI UNAIR) dan Kelompok Minat Profesi Veteriner Pet and Wild (KMPV PW). Tema dari acara Peringatan Hari Rabies dan Hewan Sedunia waktu itu adalah ‘Loving is Caring’, yang diperuntukkan bagi para pet lovers agar lebih memperhatikan hewan peliharaan mereka baik itu kucing, anjing, reptil, maupun hewan peliharan lain yang familiar dengan manusia. Dalam acara ini, diharapkan para pemilik dan pemelihara hewan lebih memperhatikan dan peduli terhadap kesehatan hewan peliharannya, karena kesehatan hewan dan manusia itu sangat berkaitan.



Pada event ini terdapat berbagai rangkaian acara, diantaranya pemeriksaan hewan gratis, theatrical action ‘animal welfare’, dan wrad got talent. Untuk pemeriksaan hewan di acara ini dibuka untuk masyarakat umum, dan tidak dikenakan biaya. Hewan yang bisa diperiksakan ialah kucing, anjing, burung, dan hewan eksotik seperti reptil dan musang.

Waktu itu aku juga berkesempatan untuk mewawancarai Rahmada Prihandaru selaku penanggung jawab acara kegiatan dan ketua IMAKAHI UNAIR. Ia mengatakan, “Beberapa penyakit hewan dapat menular pada manusia. Ya, dengan adanya acara ini kita menginginkan teman-teman dan masyarakat sekitar  yang punya pet itu dapat kita beri pengertian dan sosialisasi bahwa hewan yang kita miliki dan yang dekat dengan kita itu harus sehat. Kalau hewan sehat, tentunya manusianya juga akan sehat. Kalau hewannya sakit, kemungkinan bisa juga menularkan penyakit ke manusia. Nah, acara ‘Loving is Caring’ ini dimaksudkan kalau kamu cinta sama hewan peliharaan kamu atau hewan di sekitar kamu, berarti kamu harus care pada hewan peliharaanmu".



Pemeriksaan hewan ini dilakukan oleh beberapa dokter hewan yang merupakan alumni dari FKH Universitas Airlangga tahun 2013. Aku juga wawancara salah satu dokter hewan yaitu drh. Rama A. F., M.Si. Ia mengatakan “Pemeriksaan hewan di sini biasanya merupakan pemeriksaan hewan standar atau general check up, jadi seperti pemeriksaan suhu tubuh hewan dan biasanya, sih, lebih ke konsultasi. Dan kalau misalkan ini ada hewan yang setelah kami periksa dan ternyata terserang virus atau penyakit yang parah bisa langsung dirujuk ke klinik hewan, soalnya kalau diperiksa di sini itu tidak memungkinkan”.



Acara yang sudah diadakan 2 kali dalam setahun belakangan ini menarik minat para pet lovers untuk memeriksakan kesehatan hewan peliharaan mereka. Tercatat ada sekitar 63 masyarakat daerah Surabaya yang memanfaatkan acara pemeriksaan hewan gratis ini. Hewan-hewan yang diperiksakan di acara ini lucuuu-lucu bangeeet pokoknya, aku suka banget, karena aku juga pecinta hewan, terutama kucing. Oh ya, aku juga sempat melakukan sedikit wawancara dengan Rosita, salah satu mahasiswa UNAIR yang memeriksakan kesehatan hewannya. “Saya memeriksakan kucing saya. Rasnya Scottish Fold. Lumayan ada pemeriksaan hewan gratis jadi saya ke sini untuk kontrol dan konsultasi ke dokter”. Selain pemeriksaan hewan gratis, juga diadakan theatrical action ‘animal welfare’. Untuk theatrical action ‘animal welfare’, dipentaskan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UNAIR. Teatrikal ini merupakan bagian dari sosialisasi tentang animal welfare, yaitu isu-isu tentang kesejahteraan hewan, karena kebanyakan dari masyarakat kurang memiliki kesadaran diri bahwa hewan juga memiliki hak dan tidak bisa disakiti, apalagi diperlakukan secara semena-mena.



Lucunya, di tengah-tengah acara, diadakan pula wrad got talent yang merupakan perlombaan sederhana yaitu berupa lomba makan lahap pet food untuk anjing dan kucing. Lomba ini cukup menarik minat masyarakat untuk mengikutkan hewan peliharaannya dalam perlombaan ini. Pet food yang digunakan untuk lomba makan lahap ini disponsori oleh Felibite dan Whiskas.



Acara ini seru banget, selain untuk memenuhi tugas mata kuliahku, aku banyak sekali bertemu fluffy cat dan anjing-anjing lucuuu. Sayangnya nggak boleh pegang anjing haha, gemes pokoknya. Semoga dengan adanya acara Peringatan Hari Rabies dan Hewan Sedunia (World Rabies and Animal Day) 2015 waktu itu dapat meningkatkan awareness kita terhadap virus rabies dan bisa lebih memperhatikan kesehatan dari hewan peliharaan. UNAIR, aku tunggu event-event seperti ini yang melibatkan para hewan-hewan lucu ya. :3


















4 comments:

  1. nice post mbak *jempoldua

    reviewnya udah lumayan lengkap mbak. kurang foto yang wawancara sama narasumbernya nih *ngarep

    napa kucing nya embak ga dibawa sekalian mbak , kan lumayan tuh sekalian diperiksa sambil wawancara diri sendir *ngakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasiiiih :D
      haha iya waktu itu engga sempet foto sama narasumbernya, engga kepikiran juga xD
      wah kucing saya kucing domestik, dan adanya di luar kota, jadi gabisa dibawa di acara itu kak :D
      btw makasih sudah berkunjung di blog ini dan baca post ini :)

      Delete
  2. Salam lestari! *anggota kmpv pw dan imakahi* wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. anjir ngapain ni anak nyasar dimari xD
      salam olahraga, twin!

      Delete