How Did You Feel When You Lost Your Mom?



Hallo, gais. So this is gonna be the first blog post in this year haha. Jarang ngeblog karena kesibukan semester 6 yang sangatlah super padat. Idk pingin ngepost ginian karena barusan aku lihat meme di Instagram yang captionnya: Kalo nggak ada ibu di rumah nggak rame. Ya bener. Akupun ngerasa hal seperti itu selama hampir setahun ini.

Iya, mamaku meninggal dunia akhir tahun kemarin. Tepatnya tanggal 16 November 2016. Setelah berjuang dalam melawan sakitnya selama beberapa bulan akhirnya beliau menyerah. Ok, nulis ini sambil nangis ya nggak papa deh ahahaha. Awalnya nggak percaya kalo bakalan kehilangan seorang mama yang udah bareng-bareng selama 20 tahun. Sebulan sebelum meninggal pas aku ke rumah sebelum balik ke Surabaya, aku sempet bilang kalo aku bakal terus berdoa untuk kesembuhan mama di setiap sholat. Dan itu pertama kalinya cium pipi dan kening mamaku yang terbaring soalnya udah nggak bisa bangun sama sekali berbulan-bulan.

How did you feel when you lost your mom?

How did I feel when I lost my mom?
Hancurlah seketika. Rasanya banyak penyesalan yang aku rasakan ketika mama meninggal. Dapet kabar meninggalnya mama habis isya, langsung cus dari Surabaya jam 9 malem, sampe Blitar jam 3 an pagi. Langsung cuma bisa nangis di sebelah peti sampe jam 6 pagi. Aku nggak bisa lihat wajahnya untuk yang terakhir kali. Nyesel banget. Beribu macam penyesalan rasanya langsung kayak dihantamkan ke aku. Selama beliau hidup aku belum bisa membanggakan dan membahagiakan beliau. Rasanya aku tuh kayak jadi anak yang biasa-biasa aja dan merepotkan gitu loh buat beliau. Dan sekarang udah nggak ada yang sms ‘Ojo lali maem nduk’, ‘Lagi nyapo nduk?’, ‘Sek neng kampus nduk?’, ‘Nggak mulih nduk?’ Dan sekarang, aku cuma punya bapak. Apapun caranya, bagaimanapun caranya, aku akan membahagiakan beliau.

Sekarang yang bikin males adalah ketika ada saudara dan tetangga yang tanya ‘Bapakmu kon nggolek bojo anyar nduk.’ Wtf there’s no one who could replace my mom’s place. Aku bukannya udah nggak punya mama, aku masih punya mama, tapi beliau udah tenang di sana. Buat kalian yang masih punya mama papa lengkap, hormati mereka, hargai mereka, jangan mbantah, karena begitu kalian udah kehilangan mereka, cuma rasa nyesel yang ada.

Penyesalan yang lain lagi adalah aku tidak pernah secara langsung mengucapkan rasa cinta dan sayang kepada mama. Rasa gengsi yang besar membuat mulut serasa kaku untuk berucap. Oh pernah satu kali aku bilang sayang sama beliau. Itupun lewat sms dan disuruh sama Iffa karena mainan Truth or Dare. Hahahaha. Udah ah udah jadi sedih.
Yang bikin tambah sedih, aku nggak punya foto berdua bareng mama. Kehapus.
Satu lagi, life must go on. Jangan terkurung dalam kesedihan.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. You're a great woman, keep the spirit 😉

    ReplyDelete