Akhir Semester 5

Ehm.. beberapa jam yang lalu gue terima raport semester 5. Hasilnya? Alhamdulillah yah, lumayan. Apapun hasilnya harus tetap disyukuri karena ini hasil jerih payah, dan tentunya hasil atas solidaritas teman-teman Ical (Iki CAh ipa Loro). Btw kenapa nama kelas gue absurd banget? Huh, yang jelas ini bukan ide gue. Gue mah ngikut aja. Ok sampai dimana kita tadi? Jadi hasilnya yaa, emm.. puas nggak puas yaa gini deh. Sebenernya gue paling ketir-ketir tuh sama nilai biologi. Habisnya gue kan mau masuk FMIPA Biologi UA gitu. Doain yaaaak. Dan ternyata, mayaaaaan deh nilainya. Makasih Bu T.. eh Bu Eny. Semoga bisa membawa gue masuk ke fakultas ituuu. Bukan cuma masuk doang, tapi bisa kuliah disono juga muahahaha.

Kali ini gue rada heran aja gitu sama nilai raport. Lagi-lagi terjadilah yang namanya faktor guru. Fyi, guru dari ipa 1 sampek ipa 6 beda semua. Jadi, ada yang kebagian guru enak, guru galak, guru tyrex, guru sabar, guru loyal nilai, guru pelit nilai, sampek guru gabu. Jadii, yah yang namanya jumlah nilai sekian itu bisa ranking 4 di kelas sini, nah itu kalo di kelas sono dia jatohnya cuma ranking 10. Yah, lagi-lagi kita harus terima nasib. Gara-gara guru pelit nilai kah penyebabnya? Bisa jadi. Gue nggak tau yah gimana guru-guru di kelas ‘sana’ baiknya kek gimana, soalnya gue nggak pernah ngerasain gimana diajar sama guru-guru sono jadiiiii gue ogah suudzon. Yang jelas, lumayan jauh loh perbedaan antara jumlah total nilai raport anak ranking 1 kelas sini dan kelas sono. Ok, lagi-lagi kita harus bilang: sabar. Kenapa kok ‘lagi’? Karena hal ini pernah terjadi pas kelas 11, kejadiannya juga sama-sama kelas tetangga. Sebel? Jelas. Cuma bisa rasan-rasan aja sih. Yang berlalu biarlah berlalu. Jangan ngomongin yang lalu-lalu. Ayo move on. #apasih

Apakah ini berimbas di nilai parallel satu smasa dong? Tentu aja. Ok, gini.. sebagai kelas 12, fokus kita cuma: LOLOS SNMPTN UNDANGAN, UDAH. Terus kalo nilai kita kalah dari kelas sono gimana? Padahal secara kemampuan kita anggap sama deh. No problemo. Nilai parallel lebih rendah mah nggak usah dipikirin. Mulai tahun 2012 kemaren semua anak satu sekolah bisa ikutan SNMPTN undangan semuamuamuanya, tanpa terkecuali. Jadi, kalo ranking lo terendah satu sekolahan-pun tetep berhak didaftarin SNMPTN.

Terus, masalah rendah tingginya parallel ngaruh nggak? Gue bilang sih nggak ngaruh yah. Kan lo semua bakalan milih buat ngelanjutin di universitas dan jurusan yang berbeda, jadi apakah kalian akan bersaing dengan temen kalian? Bisa jadi. Nah kalo temen lo banyak yang milih di universitas dan jurusan yang sama? Sekarang cari info deh siapa-siapa aja temen satu sekolah lo yang kepengen ngelanjutin di universitas dan jurusan yang sama kayak punya lo, korek deh nilai mapel dia yang di UN kan dari semester 1 sampek 5 berapa aja sih. Kalo nilai lo lebih tinggi dari dia, itu aman buat lo, lo boleh pede aja sih. Karena secara nilai raport lo udah unggul dari dia, yaa walaupun kriteria penerimaan snmptn nggak cuma diliat dari nilai raport aja. Tapi seenggaknya lo udah unggul satu step dari dia. Nah kalo misalnya nilai gue lebih rendah gimana? Waikiiiiiiii!

Berhubung kita akan mengikuti UAN 2014, maka NEM UAN kita juga bakal dijadiin pertimbangan buat SNMPTN. Kalo tahun lalu mah UAN nggak pengaruh, mau NEM lo 5,51 kek, mau 6,00 kek, yang penting lulus, udah nggak pengaruh buat diterima nggaknya lo di SNMPTN undangan. Hmm.. kebijakan ini ada enaknya, ada nggaknya sih. Enaknya kalo misalnya nilai kita biasa-biasa aja di nilai raport, kita bisa perbaiki di UAN. Hmm.. lama-lama jadi takut nih. Tapi agak lega juga sih, soalnya kemaren pas pemetaan siswa-siswa smasa nggak ada tuh yang jadiin biologi unair jadi pilihan pertama, adanya kebanyakan kalo nggak pilihan ketiga ya keempat. Aman lah, semoga hati teman-teman teguh dan menjadikan biologi unair bukan pilihan yang pertama wkwk. Kalo yang ilmu dan teknologi lingkungan saingan gue cuma 1, si Cumiiiiw. Itupun dia ngejadiin pilihan ke 4. Dan untungnya, kita sekolah di SMAN 1 Blitar mameeeen. Secara akreditas kita udah unggul dan dapet tempat di hati universitas-universitas wkwk. Jadi kuota buat kita agak dibanyakin gitu. Mereka kan nganggepnya nagh-nagh smasa Blitar pinter-pinter gegara sekolah kita banyak prestasinya. Nggak rugi deh sekolah di sini muahaha. Ya Allah jadikan kami semua orang yang beruntung. Aminnnnnn. Sekarang waktunya lebih memantaskan diri jadi mahasiswa di universitas yang kita inginkan aja. Ganbatte! :)9

Sekali lagi, gue nggak mau nyalahin guru yang pelit nilai kek, loyal nilai kek, sama sekali nggak. Ini udah takdir aja dapetnya guru yang mana aja. Kalo toh dapetnya guru loyal nilai dan nilai lebih tinggi tapi faktor luck aja kurang sama ridho Allah juga kurang, kan tetep jadi penghalang buat lolos SNMPTN undangan. So, doa aja yah. Kita berjuang bersama-sama. :)

Post a Comment