Hukum (?) Mendel

Hai.
Btw ngapain gue ngeblog disaat besok ada ulangan maha penting. BIOLOGI! HEREDITAS! BABNYA BANYAK! Gek aku nggak tek paham heuheuehuehu. Iya jadi gue besok ulangan biologi gitu, udah belajar dari kemaren-kemaren juga sih. Tapi ujung-ujungnya tetep aja nggak begitu paham, tadi sore pun dilema. Antara ikut tambahan biologi apa belajar sendiri di rumah sambil ngerjain tugas cerpen Bahasa Indonesia hmmmm. Akhirnya belajar sendiri di rumah.



Ok, jadi besok ulangan pola hereditas dan harus dikasih cara, nggak bisa asal nyontek aja heuheu. Lagian nggak bisa bebas nyontek juga kalo gurunya kek gituw hikss. Yaa ini kesempatan terakhir memperbaiki nilai biologi di semester  5 ini. Fighting ajjjaaaaaa ajaaa!! Ok seperti yang kita tahu, pola hereditas itu kan pasti mengenai hukum Mendel. Jadi hukum Mendel itu yang nemuin ya pak Mendel gitu deh pokoknya. Jadi hukum Mendel ini ada hukum I Mendel sama hukum II Mendel, kan udah mainstream tuh. Udah pada tahu kan semuanya? Yang nggak tahu kebangetan #sokkk. Btw gue ada ide ngepost aja dari sini. Gue barusan nemuin hukum (?) Mendel. Kok (?) sih? Hmm nggak papa, biar lucu, kayak gue. #krik

Jadi hukum (?) Mendel ini ngebahas tentang persilangan baik itu monohibrid maupun dihibrid, tapi yang dibahas khusus sifat-sifat manusia masa kini hahaha. Langsung gue kasih contoh persilangannya yak wkwkwkwk. Gue bikinnya pake banget loh ini. :’)

Contoh 1: Alay (monohibrid)
Alay adalah LO SEMUA YANG BACA TULISAN INI MUAHAHAHAHA. CANDA KOKKK :* haha. Ah nggak usah gue jelasin deh ya apa itu arti dari alay. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup. Pokoknya mengerikan deh. Tapi kalian semua kan pernah ngalamamin alay. Btw kalian bingung nggak kenapa kalian bisa jadi alay? Ok gue jelasin yak pake persilangannya dulu. Oh ya, sifat alay dikendalikan sama gen, emm wait bukan gen sih, apa ya pokok gen a.
- Persilangan antara cewe sama cowo yang sama-sama normal.
        P   =       Aa             ><              Aa
                      (normal)                          (normal)
Gamet  =         A, a                                 A, a
      F1   =   AA = normal
                   Aa = normal
                   Aa = normal
                   aa = ALAY! 
Penjelasan: Ada cewe sama cowo nikah, mereka orangnya biasa-biasa aja nggak alay sama sekali. Nah kemungkinan mereka punya anak alay itu cuma 25 % dari total kemungkinan jumlah anak mereka. Yang pinter bab pola-pola hereditas pasti paham deh ahahahaha. :p

- Persilangan antara cewe sama cowo yang sama-sama alay.
        P   =       aa             ><              aa
                     (normal)                          (normal)
Gamet  =          a                                     a
      F1   =      aa = ALAY! Iya 100 % alay!!!
Penjelasan: Ada cewe sama cowo nikah, mereka alay to the max. Anggap aja yang cewe namanya SuLis inGienTd diCiendTha, terus si cowo namanya SupRi tAgh mAoo cnDiLie aGhie. Ok gue capek ngetiknya yang jelas kalo mereka berdua nikah udah pasti 100 % keturunan mereka bakalan alay.

Contoh 2: Galauers dan suka stalking twitter (dihibrid)
Ok kita menginjak ke persilangan dihibrid. Jadi ini persilangan dengan 2 sifat beda. Kita ambil satu contoh aja ya, misalnya persilangan antara cewe galauers tapi nggak suka stalking sama cowo suka stalking twitter tapi nggak gampang galau.
             P   =            GGss                  ><                ggSS
                      (galau-nggak stalking)          (nggak galau-suka stalking)
     Gamet  =                  Gs                                               gS
           F1   =                                         GgSs
                                               (galau-suka stalking)
 F1 >< F1   =            GgSs                   ><                 GgSs
    Gamet   =      GS, Gs, gS, gs                                GS, Gs, gS, gs
           F2   =  9 G_S_ = 9 galauers dan suka stalking
                      3 G_ss  = 3 galauers tapi nggak suka stalking
                      3 ggS_  = 3 nggak suka galau tapi suka stalking
                      1 ggss   = 1 nggak suka galau dan nggak suka stalking
Penjelasan: Kalo ada cewe suka galau tapi nggak suka stalking nikah sama cowo suka stalking TL mantannya tapi dia nggak gampang galau, kalo mereka punya anak rasio fenotipenya 9 : 3 : 3 : 1. Ok intinya semoga gue termasuk yang nggak suka galau dan nggak suka stalking hihi. Ok bye ya, mau lanjut belajar. Doain gue sukses ulangan biologi bab ini yaaaaa cemansss. Love ya. <3

7 comments:

  1. lucuuu xD

    btw aku coment bolak balik tp nggak masuk

    ReplyDelete
  2. iyo paling(?) ahahahaa
    eh enek sing perlu di revisi teko blogmu :3

    awamu alay dan suka stalking \:D/ ahahahahahahaha~~~~~

    ReplyDelete
  3. eh maksute awamu galau dan suka stalking --"

    ahahaha :*

    ReplyDelete